Pembayaran

Faktor-faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Berikut ini merupakan pembahasan tentang faktor pendorong perdagangan internasional, penyebab terjadinya perdagangan internasional, faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional, penyebab timbulnya perdagangan internasional, faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional, faktor penyebab perdagangan internasional, sebab terjadinya perdagangan internasional, faktor pendorong timbulnya perdagangan internasional, mengapa terjadi perdagangan internasional, alasan terjadinya perdagangan internasional, dan sebab-sebab terjadinya perdagangan internasional.

Faktor-Faktor Pendorong Timbulnya Perdagangan Internasional

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa dampak dalam bidang sosial dan budaya, terutama ekonomi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ekonomi dapat dilihat pada peningkatan efisiensi produksi, sehingga memungkinkan setiap negara melakukan spesialisasi produk.
Faktor-faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional
Gambar: Ilustrasi Perdagangan Internasional

Hasil produksi suatu negara kadang seluruhnya tidak habis dikonsumsi oleh masyarakat di negara tersebut. Hal tersebut kemudian mendorong suatu negara untuk memperdagangkan hasil produksinya ke negara lain.
Sementara itu, perbedaan sumber daya alam, iklim, geografis, penduduk, dan keahlian yang berbeda-beda antara satu negara dengan negara lain menyebabkan perbedaan kualitas dan kuantitas barang yang dihasilkan serta biaya yang diperlukan. 
Selain hal-hal di atas, ada beberapa faktor lain yang memengaruhi perdagangan internasional. Berikut ini faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.

a. Adanya keterbatasan kemampuan suatu negara untuk menghasilkan semua barang yang dibutuhkan warganya.

b. Adanya kelebihan hasil dari suatu negara, sementara ada negara lain yang mengalami kekurangan.

c. Kebutuhan negara yang tidak terbatas dan semakin meningkat.

d. Spesialisasi atas dasar keahlian dari negara-negara tertentu dan perbedaan iklim dari berbagai negara.

e. Lalu lintas perdagangan yang makin maju dan luas.

Demikian pembahasan tentang foktor-faktor atau sebab-sebab yang dapat mendorong terjadinya perdagangan internasional.

0 Response to "Faktor-faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional"

Post a Comment